Yayasan Difabel Mandiri Indonesia
Latar Belakang Pendirian Yayasan Difabel Mandiri Indonesia
Yayasan Difabel Mandiri Indonesia, adalah sebuah Lembaga Sosial yang berdomisili di Jalan KH. Agus Salim Gg. Masjid I  No. 37 RT. 002 RW. 006 Poris Plawad Cipondoh Kota Tangerang 15141, didirikan pada tahun 2013 dan memperoleh nomor Registrasi Surat Keterangan Yayasan Nomor : 500/53-Pemb.Masya/2013 , kemudian pada tahun 2013 Yayasan Difabel Mandiri Indonesia membuat Akta Notaris dengan Nomor 76 tanggal 18 Nopember 2013 dengan mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan nomor : AHU – 1229.AH.01.04.Tahun 2014.

Yayasan Difabel Mandiri Indonesia bermula dari sebuah komunitas di Jejaring Sosial Facebook  yang bernama Komunitas Penyandang Disabilitas Indonesia (KPDI).

Komunitas ini berdiri karena perasaan senasib para anggotanya yang sebagian besar adalah difabel. Komunitas ini juga membantu anggota untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman akan keberadaan para difabel di masyarakat umum dengan segala permasalahannya dan minimnya lowongan pekerjaan untuk difabel serta kurangnya keterampilan.

Menyikapi hal tersebut, maka timbulah satu gagasan baru untuk membentuk suatu badan, yang mengelola pembinaan dan bantuan untuk para Difabel, yang lebih terorganisir. Maka pada tanggal 24 Juli tahun 2013, yang diprakarsai segenap saudara saudari Difabel, yang dengan semangat kemandiriannya, akhirnya membentuk kesepahaman wadah, yang kemudian dinamakan Yayasan Difabel Mandiri Indonesia (YDMI)                          , dan Nama “Difabel Mandiri Indonesia” itu diambil, dari keinginan kami para Difabel untuk mandiri. Yayasan Difabel Mandiri Indonesia ada atas sadar kami, para  Difabel untuk berbagi dan berkarya dalam kemandirian.

Kekurangan fisik para difabel merupakan salah satu pokok masalah yang membutuhkan penanganan sungguh-sungguh, terpadu secara lintas sektor dan berkelanjutan. Untuk menangani difabel agar kualitas hidup dan kesejahteraannya dapat ditingkatkan ,diperlukan kerjasama dukungan dan sinergi semua pihak, baik Pemerintah Pusat , Pemerintah Daerah, masyarakat maupun dunia usaha. Agar terdapat kesatuan gerak langkah untuk bersama-sama memajukan para difabel, maka diperlukan kebijakan dan strategi dalam menangani difabel, yang dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan program dan kegiatan baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah secara terarah, terpadu dan berkelanjutan.

 
Visi dan Misi
Visi :

Yayasan Difabel Mandiri Indonesia adalah Mewujudkan Kesejahteraan Hidup Difabel Dalam Inklusifitas Masyarakat Indonesia.

Misi :
  1. Melayani Seluruh Difabel Tanpa Memandang Suku, Ras, Agama, Antar Golongan Dan Fisik.
  2. Memberikan Informasi Yang Spesifik Melalui Teknologi & Motivasi Agar Bermanfaat Bagi Seluruh Difabel.
  3. Melakukan Edukasi Kepada Masyarakat Tentang Pemahaman Kedisabilitasan.
  4. Mendukung Kemandirian Para Difabel Dari Segala Segi Dengan Informasi & Teknologi.
Pengertian

Yayasan Difabel Mandiri Indonesia adalah merupakan salah satu bagian dari program kesejahteraan hidup penyandang difabel yang nasibnya dianggap belum beruntung seperti masyarakat pada umumnya. Dan yayasan ini dapat juga diartikan sebagai suatu wadah atau sarana untuk mewujudkan kesejahteraan hidup penyandang disabilitas khususnya dan dalam inklusifitas masyarakat indonesia pada umumnya atau dapat diartikan sebagai sebuah masyarakat yang mampu menerima berbagai bentuk keberagaman dan keberbedaan serta mengakomodasinya ke dalam berbagai tatanan maupun infra struktur yang ada di masyarakat. Adapun yang dimaksud dengan berbagai bentuk perbedaan dan keberagaman diantaranya adalah keberagaman budaya, bahasa, gender, ras, suku bangsa, strata ekonomi, serta termasuk juga didalamnya adalah keberbedaan kemampuan fisik/mental. Disamping berdirinya yayasan ini kami juga berupaya memberikan keterampilan  khusus agar mereka dapat melengkapi ilmu pengetahuan yang ada nantinya dapat terjun ke masyarakat tanpa menjadi beban sehingga pada suatu saat hari nanti mereka akan berguna bagi bangsa dan negara pada umumnya dan masyarakat pada khususnya.

Pendirian yayasan difabel ini tercantum pada Akta Pendirian Yayasan sesuai yang terkandung didalam maksud dan tujuan serta usaha kegiatan Yayasan, dan sebagian pengelolanya adalah diambil dari para difabel, sehingga agar yayasan ini dapat berkembang dengan baik dan berkelanjutan.

Dengan berdirinya Yayasan Difabel Mandiri Indonesia ini dapat kiranya menjadi manfaat yang besar kepada para Difabel pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan berdirinya yayasan ini untuk memberdayakan Difabel adalah dengan memberikan berbagai macam training keterampilan dan kewirausahaan untuk kemudian bisa dikembangkan oleh difabel sendiri. Dengan usaha yang mereka lakukan, difabel bisa hidup mandiri dari segi ekonomi, sehingga bisa memenuhi kebutuhan ekonominya sendiri maupun kebutuhan ekonomi keluarganya. Kemampuan psikologi difabel dapat menumbuhkan semangat baru bagi difabel untuk tetap eksis dan survive dengan keadaan mereka sebagai difabel, selain itu juga untuk mengangkat moral difabel maupun kemampuan sosial difabel yaitu kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi difabel dengan masyarakat sekitarnya.

Jenis Kegiatan Jangka Pendek :
  • Pengajaran Special Class Online
  • Pengajaran kelas online bidang komputer
  • Pengajaran kelas online Learning English
  • Pengajaran kelas online Character building
  • Konsultasi Dan Pelayanan Kursi Roda
  • Konsultasi Hukum dan Advokasi
  • Konsultasi Dan Pelayanan Pendidikan Insklusif
  • Konsultasi Kesehatan
  • Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Ketrampilan.
  • Mengunjungi Kediaman dan memberikan Motivasi kepada Penyandang Difabel dan Keluarganya.
  • Memberikan Alat Bantu Interaksi kepada Penyandang Difabel yang membutuhkan.
  • Mengikuti Kegiatan Pameran hasil karya para penyandang difabel.
  • Mengikuti Seminar-seminar / Dikusi / Workshop Mengenai Disabilitas.
Jenis Kegiatan Jangka Panjang :
  • Bidang Sosial
  1. Mendirikan dan menyelenggarakan lembaga pendidikan formal untuk para penyandang disabilitas.
  2. Menyelenggarakan pembinaan dan pelatihan keterampilan khusus untuk penyandang difabel.
  • Bidang Kemanusiaan
  1. Memberikan bantuan kepada para penyandang difabel, tuna wisma dan fakir miskin.
  2. Mendirikan dan menyelenggarakan rumah singgah.
  3. Memberikan bantuan kepada korban bencana alam.
  4. Bidang Keagamaan
  5. Mendirikan sarana ibadah.
  6. Menerima dan menyalurkan amal zakat, infaq dan shodaqoh.
  7. Meningkatkan pemahaman keagamaan dan melaksanakan syiar.
  8. Studi banding keagamaan.
Kegiatan yang sedang berjalan :
  1. Menyelengarakan Pendidikan dan Pelatihan Ketrampilan
  2. Memberikan bantuan alat bantu Interaksi berupa kursi roda, kruk dan lain-lain untuk para penyandang Difabel yang membutuhkan.
  3. Malakukan Kemitraan dengan Pihak -Pihak Terkait.
  4. Mengadakan pengajaran special class online.
  5. Mengikuti Seminar-seminar / Workshop Tentang Difabel.
  6. Memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan Kepada Penyandang Difabel.
Struktur Yayasan Difabel Mandiri Indonesia
Dewan Pembina :

Ketua Pembina            : H. Unarsih Sastrawinata

Anggota Pembina       : Suhanda, S.PD.I.M.PD

Dewan Pengurus :

Ketua Umum               : Subandi H. Bonmat

Ketua I                         : Rusli Hamid

Ketua II                        : Lukas Kusbudiantoro

Sekretaris Umum        : Irpan Rustandi

Sekretaris I                  : Rosmiati Palancoi

Bendahara Umum      : Gita Fitri Febriansari

Dewan Pengawas :

Ketua Pengawas          : Tri Putro Sutjahjono

Anggota Pengawas     : Fridayani Wongsowinoto

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien